Cegah Tindakan Ilegal, Kipur I Satgas Pamtas yonif 742/SWY dan PLBN Mota’ain Gelar Patroli Bersama

Cegah Tindakan Ilegal, Kipur I Satgas Pamtas yonif 742/SWY dan PLBN Mota’ain Gelar Patroli Bersama

Belu , NTT - Kompi tempur (Kipur ) I Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur yang terdiri dari personel Pos Mota’ain dan Pos Damar menggelar patroli bersama dengan Satgas bantuan Polisi Militer dan personel karantina Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain yang menyusuri sepanjang sungai perbatasan dengan titik star Pos PLBN Mota’ain, Senin (20/4/2021).

Menurut Dankipur I Lettu Inf Tofan Cahyadi Rizki, patroli bersama dengan kekuatan sekitar 20 orang itu dilakukan untuk mengantisipasi tindakan-tindakan illegal yang dilakukan oleh masyarakat kedua negara baik Indonesia maupun Timor Leste.

“Ini salah satu upaya konkret kami untuk mengantisipasi perbuatan illegal baik dari masyarakat kita sendiri maupun yang masuk ke Indonesia melalui jalur-jalur tikus yang sulit untuk dideteksi oleh petugas, ” ujar Tofan sapaan akrabnya.

Perbuatan illegal yang dimaksud Dankipur I yaitu upaya penyelundupan material maupun sembako seperti bahan bakar, makanan dan minuman termasuk barang haram Narkoba serta human trafficking.

“Alhamdulillah patroli berjalan aman dan lancar, tidak ada hal-hal yang mencurigakan selama pelaksanaan patroli, ” ungkapnya.

Terpisah, Komandan Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro memberikan apresiasi atas upaya Kipur I bersama dengan Pos PLBN yang kompak melakukan patrol bersama untuk menghidari sekaligus memperkecil ruang dan gerak bagi oknum-oknum yang melakukan Tindakan penyelundupan.

“Ini langkah preventif yang bagus, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jangan sampai ada oknum masyarakat kita yang tertangkap tangan melakukan tindakan illegal maka hukumnya juga sudah jelas dan tegas, ” tegas Bayu Sigit.

Bayu Sigit juga berharap agar kedepan lebih intens lagi melakukan patroli bersama dan berlaku bagi seluruh pos jajaran Satgas Sektor Timur sehingga kondusifitas wilayah perbatasan tetap aman dan terkendali.

(Syamsul Hadi)

Belu NTT TNI keamanan
H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Previous Article

Pustaka Tunas Alam Desa Jago Dapat Bantuan...

Next Article

Buka Lombok Food Festival, Bunda Niken Dorong...

Related Posts

Jurnalis

Profle

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Follow Us

Recommended Posts

Kapolda NTB Memberikan Piagam Penghargaan ke 204 Personel Brimob Polda NTB
Pertegas Dukungan Pemda, KORMI Loteng Gelar FGD dengan SKPD Terkait
Tingkatkan Pelayanan Publik, Bidpropam Polda NTB Luncurkan Program 'SIAGA PROPAM'
Jajaran Polres Lombok Tengah Razia Dump Truck di Bay Pass BIL
Pangdam IX/Udayana Apresiasi Perbaikan dan Pembangunan Jembatan di Bima